Inilah Keuntungan Mendonorkan Darah

Inilah Keuntungan Mendonorkan Darah
Indonesia Faktual. Berdasarkan data terakhir dari Badan Kesehatan Dunia WHO, kebutuhan darah di Indonesia minimal sekitar 5,1 juta kantong darah per tahun. Sedangkan produksi darah yang baru terpenuhi sebanyak 4,1 juta kantong dari 3,4 juta donasi.

Dari data tersebut menunjukkan bahwa masih sedikit kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya. Padahal banyak manfaat yang didapatkan jika mendonorkan darah. Menurut Founder Blood 4 Life Indonesia, Valencia Meike Randa, satu kantong darah yang didonorkan bisa menyelamatkan empat nyawa.

“Bisa menyelamatkan bukan hanya dirinya, tetapi tiga orang lainnya,” ucap dia saat ditemui awak media dalam acara donor darah di South Quarter Jakarta Selatan.

Dia mengungkapkan bahwa keuntungan yang didapatkan oleh seorang pendonor darah, adalah untuk menolong tubuhnya memproduksi darah baru. Yang akan membantu mengembalikan kebugaran tubuh.

“Donor darah itu menolong diri sendiri, sebab tubuh keluarkan darah. Ketika menguluarkan darah secara otomatis darah itu akan terproduksi lagi, dan tubuh kita menerima darah baru sehingga performa organ tubuh kita baik, segar,” jelas dia.

Tidak hanya itu saja, mendonorkan darah ucap dia juga menjadi sarana untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Mengingat sebelum melakukan donor darah, calon pendonor akan menjalani rangkaian tes kesehatan. Seperti pemeriksaan tensi, kandungan hemoglobin, pemeriksaan hepatitis b, c, hingga HIV.

“Kalau kita ke lab untuk cek kesehatan bisa mahal. Kalau ini gratis, dan ketika ada sesuatu pihak PMI akan menginformasikan ke pendonor melalui pesan singkat, ‘Segera periksakan diri Anda’,” katanya.

Comments

Popular posts from this blog

Mahasiswa ITS Membanggakan Raih Juara Tingkat ASEAN

Kisah Memori Menarik Tentang Prabowo Dan Ikan

Upaya Bank Mandiri Gencarkan Transaksi Non-Tunai